TANGSEL – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel terus gencar membersihkan kabel-kabel semrawut milik perusahaan jasa telekomunikasi. Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichsan menegaskan, pihaknya telah membersihkan kabel-kabel semrawut di tiga ruas jalan, di antaranya Jalan Parakan, Jalan Benda Raya dan Jalan Ciater Raya.

Menurutnya, ketiga ruas jalan ini sudah dilakukan pembersihan sejak tahun lalu, sampai terakhir pembersihan dilakukan di Jalan Benda Raya, tepatnya di depan Kantor Walikota Tangsel pada, Rabu 24 April 2024.

Pilar memastikan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan memprioritaskan pembersihan kabel-kabel semrawut di lima ruas jalan, di antaranya Jalan Serua Raya, Jalan Menjangan, Jalan WR Supratman, Jalan Merpati Raya dan Jalan Kelurahan.

“Kabel-kabel optik yang sudah diputus ini akan kita satukan kedalam satu pipa kedalam tanah (subduct). Atau kita buatkan satu tiang bersama, supaya rapih. Tapi kita lihat kondisinya, kalau bahu jalan cukup, lebih baik kita tanam didalam tanah,” ujar Pilar, usai memimpin pemutusan kabel semrawut di depan Kantor Walikota Tangsel, Jalan Benda Raya, Rabu, 24 April 2024.

Pilar mengatakan, usai upaya pembersihan dan penataan kabel-kabel fiber optik ini, pihaknya juga akan melakukan pendataan terhadap perusahaan jasa jaringan telekomunikasi, mana saja yang berizin dan mana yang tidak berizin.

“Kalau ketahuan tidak berizin dan tidak membayar pajak retribusi, tidak akan kita masukan kedalam tanah kabelnya,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi (DSDABMBK) Robby Cahyadi menambahkan, dalam upaya memasukan kabel-kabel fiber optik kedalam tanah, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan bahu jalan.

Selain itu pihaknya juga akan memperhatikan K3 bagi pekerja. “Kita sedang pilih ruas-ruas mana yang bahu jalannya masih mencukupi untuk dilakukan relokasi dibawah tanah ini. Tanahnya juga langsung kita keruk agar tidak berceceran dijalan,” ungkap Robby.

  All Categories